Kisi-Kisi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD 2012
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1 | Membaca Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak. |
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
|
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur. | ||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat. | ||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya. | ||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya. | ||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya. | ||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan. | ||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya. | ||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya | ||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api berbagai jurusan, siswa dapat:
|
||
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya. | ||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
|
||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya. | ||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
|
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
|
||
2 | Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun |
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut. |
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat. | ||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat. | ||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan. | ||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah. | ||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data. | ||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar. | ||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. |
Posting Komentar